All About FKM UNSRAT

Sejarah


Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi (FKM UNSRAT) merupakan hasil konversi dari program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (PS IKM FK UNSRAT). PS IKM FK UNSRAT sendiri dibuka dan mulai menerima mahasiswa pada tahun 2001. Sebagai bagian integral dari Fakultas Kedokteran, berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 3495/D/T/2001 tanggal 9 November 2001 tentang ijin Penyelanggaraan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat jenjang Program S-1 pada Universitas Sam Ratulangi dengan lulusan bergelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM). Pada awal berdirinya, program studi ini memiliki 2 bidang minat yaitu bidang minat Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) dan bidang minat Gizi Kesehatan Masyarakat (Gizi Kesmas). Tahun 2004 dibuka bidang minat Kesehatan Lingkungan (Kesling) dan seterusnya bertambah juga bidang minat Epidemiologi Kesehatan,  Kesehatan Kerja (Kesker) dan Promosi Kesehatan (Promkes) hingga sekarang FKM Unsrat mempunyai 6 bidang minat.

Setelah berdiri selama 8 tahun, maka pada tanggal 17 April 2009 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dikonversi menjadi sebuah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi (FKM UNSRAT) yang ditandai dengan pelantikan pimpinan FKM Unsrat oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi. Didirikannya FKM Unsrat menandai awal baru pendidikan Kesehatan Masyarakat di Sulawesi Utara dan wilayah lain di bagian timur Indonesia. 

VISI 
"Fakultas Kesehatan Masyarakat UNSRAT menjadi salah satu yang terbaik di tingkat nasional pada tahun 2013."
MISI
1. Membangun kualitas
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswa dan pengembangan tenaga pendidik sesuai dengan kompetensi ilmu kesehatan masyarakat serta mengupayakan peningkatan status akreditasi Fakultas
 2. Membangun citra
Menyelenggarakan tata kelola akademik yang akuntabel dan mandiri serta melaksanakan  penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai wujud pencitraan dan keikutsertaan dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.
 3. Membangun kemitraan
Menggalang dan memperluas kemitraan dengan pihak pemerintah, swasta, profesi dan organisasi lokal, nasional, regional dan internasional dalam membangun keberlanjutan proses pendidikan kesehatan masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bekerja di Atas Ketinggian / Working at Height

Hazard and Operability Study (HAZOP)